5 Tips Jitu agar Parquet Flooring Tetap Terlihat Mengkilap dan Baru

Pengaplikasian Parquet Flooring di Rumah

Parquet flooring sepertinya tengah menjadi tren saat ini. Bisa kita lihat bahwa sekarang ada banyak rumah yang menggunakan konsep lantai dari material parket dan kayu. Bahkan banyak rumah modern dari yang berkonsep minimalis hingga mewah, tetap memakai lantai dengan material parket dan kayu. Hal ini tentu menunjukkan bahwa lantai parket dan lantai kayu memang sangat menarik.

Ada banyak kelebihan yang bisa Anda nikmati jika menggunakan tipe lantai parket atau lantai kayu. Lantai ini bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama, jika memang Anda menggunakan material yang berkualitas. Selain itu, lantai jenis ini juga akan memberi kehangatan untuk ruangan Anda jadi cocok sekali diaplikasikan di ruang tamu, kamar, maupun ruang keluarga.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh tipe lantai parket atau lantai kayu ini adalah mudah untuk dibersihkan. Lantai ini cukup dibersihkan menggunakan vacuum cleaner atau sapu. Namun, tidak dianjurkan untuk membersihkan lantai jenis ini dengan menggunakan pel basah karena bisa menyebabkan material kayu menjadi lembab dan akan mudah keropos.

Tips Merawat Lantai Parket

Lantai parquet dan lantai kayu juga sangat mudah untuk diperbarui. Jika lantai sudah terlihat kusam, Anda bisa dengan mudah mengubahnya menjadi baru lagi. Sangat mudah melakukan perawatan lantai agar lantai parket ini bisa tetap berpenampilan bagus dan mengkilap seperti baru.

Berikut adalah beberapa tips merawat parquet flooring agar tetap mengkilap seperti baru:

 

1. Rajin Menyapu Lantai

Rajinlah menyapu lantai parket Anda karena bagaimanapun juga jika dijaga kebersihannya maka lantai akan selalu bersih dan penampilannya akan selalu terlihat baik. Pastikan Anda rutin menyapu lantai agar lantai terbebas dari debu dan kotoran lainnya.

2. Jangan Membiarkan Lantai Lembab

Jangan pernah membiarkan lantai parket Anda berada di lingkungan yang lembab. Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Anda tidak disarankan menggunakan pel basah untuk membersihkan lantai parket. Justru jika lantai parket terkena tumpahan air, Anda harus segera mengeringkannya agar tidak timbul suasana yang lembab dan bisa menyebabkan lantai menjadi keropos.

 

3. Gunakan Lap yang Kering

Daripada menggunakan kain pel yang basah, lebih baik Anda membersihkan lantai dengan memakai lap kering. Gunakan lap kering ketika lantai parket di rumah Anda terkena noda dalam bentuk cairan. Pastikan bahwa lantai parket benar-benar kering agar tidak muncul kelembaban yang akan membuat kualitas dan kekuatan lantai menurun.

 

4. Lakukan Recoating

Lakukan recoating untuk memberikan warna baru bagi lantai kayu di rumah Anda. Bagi mereka yang menggunakan flooring kayu, disarankan untuk melakukan recoating dalam jangka waktu tertentu. Dengan begitu, lantai Anda akan selalu terlihat bersih dan mengkilap seperti lantai yang baru.

 

5. Gunakan Karpet

Jika memang ingin melindungi lantai parket Anda dari kekusaman, maka Anda bisa menggunakan karpet di ruangan Anda. Namun solusi ini tidak bisa diaplikasikan untuk semua bagian lantai. Tidak mungkin Anda menutupi semua lantai dengan memakai karpet, bukan? Tapi paling tidak ada bagian tertentu dari lantai yang tetap terjaga kualitas dan penampilannya.

 

Itulah tadi beberapa tips merawat parquet flooring di rumah Anda agar tetap bagus dan mengkilap. Sebenarnya, perawatan lantai parket ini cukup mudah dan sederhana. Asalkan Anda menjaga kebersihan lantai dan menjaga agar lantai tetap dalam kondisi kering, maka lantai pasti bisa bertahan lama dengan kondisi yang bagus. Jangan biarkan ada kotoran yang mengendap lama di lantai supaya lebih mudah dihilangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *