8 Tips Paling Ampuh Ciptakan Ruangan Anti Nyamuk

Nyamuk mungkin menjadi satu di antara banyak hewan yang tidak akan punah di bumi ini karena tingkat pertumbuhan, perkembangan dan reproduksi yang super banyak dan cepat. Untuk berhasil menghasilkan keturunan yang banyak, nyamuk betina mengkonsumsi darah sebagai sumber energi dan nutrisi bagi calon anak-anaknya.

Tips Ruangan Anti Nyamuk

Manusia menjadi salah satu target yang empuk bagi nyamuk karena dalam darah manusia terdapat nutrisi yang lengkap untuk nyamuk. Namun tentu saja hal ini merugikan manusia. Saat nyamuk mengambil darah manusia, dia mentransfer berbagai sumber penyakit seperti malaria, demam berdarah, zhika, chikungunya dan masih banyak lagi.

Berangkat dari kondisi seperti itu, membebaskan diri dan lingkungan dari nyamuk tentu menjadi hal penting. Upaya menghindarkan nyamuk tentu banyak jenisnya, seperti memakai obat, lotion, danĀ kawat nyamuk.

Tips Ampuh Ciptakan Ruangan Anti Nyamuk

Lalu bagaimana cara membebaskan nyamuk dari ruangan Anda agar Anda nyaman tinggal dan bebas dari berbagai penyakit? Anda dapat mengikutu tips berikut:

1. Bersihkan ruangan secara rutin

Nyamuk sangat menyukai tempat yang kotor dan lembab. Untuk itu pastikan ruangan yang Anda tinggali tetap dalam keadaan bersih dengan menyapunya, menghilangkan noda, menyingkirkan kotak-kotak bekas makanan, dan mengurangi kebiasaan menggantung pakaian yang kerap dijadikan sarang yang tepat bagi nyamuk.

2. Gunakan Kelambu Kamar

Anda dapat menggunakan kelambu di kamar Anda untuk menyangkal gigitan nyamuk yang sering mengambil kesempatan saat lengah termasuk saat tidur. Kelambu umumnya berbentuk jaring yang tidak dapat dimasuki nyamuk yang kini banyak jenis variasi dan modelnya sehingga dapat sekaligus memberikan efek dekoratif pada kamar Anda.

3. Sebarkan Aroma lavender

Nyamuk sangat tidak menyukai aroma dari tanaman-tanaman lavender. Oleh karena itu Anda dapat menyebarkan aroma lavender di seluruh ruangan Anda baik menggunakan pewangi ruangan maupun tanaman asli yang dapat Anda simpan di sudut-sudut ruangan yang juga dapat sekaligus menjadi dekorasi ruangan.

4. Hindari Menggantung Benda Warna Hitam

Nyamuk sangat menyukai lingkungan gelap karena berguna sebagai upaya pertahanan diri agar tidak mudah terlihat oleh predator. Oleh karenanya nyamuk sangat sering hinggap di benda-benda berwarna hitam. Maka dari itu Anda harus mulai mengurangi menggantungkan benda-benda berwarna hitam seperti tas, baju, dan lain sebagainya di ruangan Anda.

Baca juga: Sebelum Menentukan Pilihan, Kenali Dulu Fungsi Masing-masing Jenis dari Galvalum Berikut

5. Jangan Biarkan Ruangan Lembab

Nyamuk sangat menykai ruangan yang lembab, untuk itu jangan sampai ruangan Anda menjadi ruangan yang lembab. Ruangan yang lembab dapat dihindari dengan memperbaiki sirkulasi udara seperti membiarkan angin dan sinar matahari yang hangat masuk secara optimal ke ruangan Anda pada siang hari.

6. Tutupi Semua Celah

Nyamuk dapat masuk melalui berbagai celah, untuk itu Anda harus menutup semua akses yang dapat dijadikan jalan masuk nyamuk ke dalam ruangan Anda.

7. Gunakan Teknologi Pengusir Nyamuk

Dewasa ini semakiin banyak inovasi teknologi untuk mengusir nyamuk, seperti tersedianya lotion anti nyamuk, obat bakar, obat nyamuk elektrik, fooging, raket listrik, bahkan hingga kawat nyamuk magnet. Tersedianya banyak teknologi ini dapat Anda manfaatkan untuk mengusir nyamuk, tentu saja dengan mempertimbangkan efek samping yang ditimbulkan.

8. Basmi Sumber Nyamuk

Larva nyamuk biasanya berasal dari kolam yang menggenang, benda-benda yang sudah tidak terpakai yang dapat menampung air, kotak makanan bekas, perabotan kotor, hingga tanaman liar. Bersihkan seluruh sumber-sumber nyamuk ini di lingkungan sekitar ruangan Anda untuk menghindarkannya masuk dan mengambil darah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *