Daftar Area Terlarang Untuk Pemasangan Kamera CCTV

Pemasangan Kamera CCTV

Penggunaan kamera CCTV sudah bukan menjadi hal yang baru untuk dibahas. Perkembangan teknologi dalam bidang ini dipercaya mampu menekan angka kejahatan dan kriminal di area publik.Tapi belakangan diketahui bahwa tidak semua CCTV dipasang di tempat yang tepat. Malah bisa dibilang memasuki area terlarang.

Kebanyakan CCTV yang dipasang di ruang terlarang tersebut dilakukan untuk mencuri data pribadi, megawasi, ataupun untuk alasan tidak masuk akal lainnya. Katakan saja hal tersebut adalah salah satu bentuk mematai-matai versi modern.

Area Terlarang Untuk CCTV

Lalu di mana sajakah area terlarang CCTV tersebut?

1. Toilet

Sudah jelas hukumnya jika pemasangan CCTV dalam toilet dilarang. Bukan hanya melanggar aturan undang-undang, tapi juga melanggar etika dan kesopanan. Toilet sendiri menjadi area yang memiliki tingkat privasi tinggi bagi seseorang. Jadi akan hal tersebut sangatlah dilarang untuk pemasangannya.

Toilet

Seperti yang Kita ketahui bahwa pemasangan CCTV tidak boleh melanggar privasi seseorang. Namanya saja privasi, tentu merupakan hal pribadi yang selayaknya tidak dibeberkan kepada publik bukan?

2. Beberapa Area di Rumah Sakit

Dalam rumah sakit sendiri, ruangannya dibagi menjadi 3 zona berbeda. Yakni zona privat yang terdiri dari ICU, kamar perawatan, dan kamar operasi, zona semi publik yang terdiri dari farmasi dan ruang poliklinik, serta zona publik seperti tempat parkir dan kantin.

Zona yang boleh memasang kamera CCTV adalah zona semi publik dan zona publik. Sedangkan untuk zona privat dilarang keras pemasangannya. Hal tersebut dikarenakan adanya kerahasiaan yang harus dijaga, baik itu dokter ataupun pasiennya.

Baca juga: 5 Tips Jitu agar Parquet Flooring Tetap Terlihat Mengkilap dan Baru

Tapi jika hal tersebut digunakan dengan alasan keselamatan dan keamanan, misalnya saja ruang bayi, maka hal tersebut diperbolehkan.

3. Ruang Privasi

Untuk bagian ruang privasi seperti kamar tentu tidak dianjurkan adanya pemasangan CCTV di dalamnya. Hal tersebut dilakukan untuk mengindarkan data yang dianggap rahasia tiba-tiba mencuat ke permukaan. Ingat, rahasia tetaplah rahasia. Tidak ada satu orang pun yang boleh mengetahui rahasia Anda, agar keamanannya tetap terjaga.

Seorang kontraktor ME, pastilah sudah mengetahui di mana tempat yang diperbolehkan untuk pemasangan CCTV dan mana yang tidak.Tapi untuk orang awam, hal tersebut mungkin sulit untuk diidentifikasi. Nah karena hal tersebut, kadang orang-orang tidak sadar ketika dirinya sedang direkam dalam CCTV. Untuk itu, Kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara untuk mengetahui ada atau tidaknya keberadaan CCTV.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyelidiki titik tertentu. Untuk bisa mengambil gambar yang jelas, CCTV haruslah diletakkan di tempat yang bebas dari halangan apapun. Selanjutnya adalah mengenali bentuknya. Untuk keperluan pengintaian, CCTV haruslah berukuran kecil agar tidak terlalu mencolok. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan mematikan lampu ruangan tersebut. Karena biasanya CCTV akan memiliki kilatan lampu merah, biru, ataupun hijau pada bagian lensa atasnya.

Lalu cara berikutnya adalah menggunakan pendeteksi CCTV. Pendeteksi ini pun tidak harus berupa alat yang mahal, tapi bisa juga sinyal dari telepon genggam. Dimana ketika seseorang menggunakan smartphonenya untuk menelepon dan terdapat titik dalam ruangan yang menghasilkan bunyi aneh, maka tempat tersebut bisa jadi dipasangi CCTV.

Untuk pemasangannya, Anda bisa menghubungi dan berkonsultasi dengan kontraktor hvac. Mengapa harus demikian? Agar CCTV bisa dipasang di posisi yang aman, terbebas dari zona tata udara. Karena tekanan, suhu, juga kelembaban ternyata bisa memengaruhi gambar yang akan dihasilkan oleh CCTV, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *