Inspirasi Manfaatkan Loteng Rumah Terbaru Paling Unik yang Wajib Diketahui!

Apa yang kamu pikirkan dengan loteng rumah? Ya, yang terlintas dalam pikiran kamu mungkin ruangan gelap, atap yang miring serta suhu udara yang panas karena dekat langsung dengan sinar matahari. Tidak akan terlintas sedikitpun untuk menjadikan ruangan tersebut menjadi ruangan lain yang lebih manfaat bukan?! Namun jika kamu menyingkirkan skeptisisme mengenai ketidakmungkinan loteng dijadikan ruangan, serta membuang semua bayangan buruk tentangnya, loteng dapat dimanfaatkan menjadi ruangan yang cantik, lho! Apalagi jika kamu menambahkan wallpaper korea yang kamu dapatkan dari orang yang jual wallpaper korea, loteng akan berubah menjadi ruang yang sebelumnya tidak pernah kamu bayangkan.

Inspirasi Memanfaatkan Loteng Rumah

Loteng Rumah

Sebenarnya sejauh ini loteng rumah kerap dimanfaatkan menjadi ruang penyimpanan sementara barang-barang yang sudah tidak terpakai sebelum barang tersebut dikirim ke tukang rongsok. Namun daripada sekedar menjadikannya ruang penuh barang bekas, ada baiknya kamu mengubahnya menjadi tempat lain. Kamu hanya perlu memberinya sentuhan keindahan seperti memasang atap miring dengan wallpaper korea di mana jasa jual wallpaper dinding sangat mudah ditemukan saat ini di pasaran sehingga tidak ada alasan kesulitan lagi untuk menghiasnya. Adapun inspirasi yang dapat kamu terapkan untuk memanfaatkan loteng rumah di antaranya:

1. Antisipasi suhu panas dan ruangan yang gelap

Wajar saja jika loteng menjadi tempat yang panas karena cahaya matahari masuk langsung dengan jarak yang lebih dekat dibandingkan bagian ruangan yang lain. Sebelum kamu menjadikannya ruangan, tangani terlebih dahulu suhu panas di dalamnya. Kamu dapat memasang jendela atau skylight besar yang berlawanan dengan arah matahari, hal ini berfungsi untuk memasukkan cahaya ke dalam loteng sekaligus dengan angin untuk membuat suhu menurun. Arah jendela atau skylight yang berlawanan dengan arah matahari berfungsi agar cahaya matahari dapat masuk tanpa membuat ruangan menjadi panas. Artinya cahaya yang masuk hanya pantulannya saja, bukan cahaya langsung.

2. Ruang kerja

Jika kamu memiliki kantor di rumah dan tidak suka dengan kebisingan saat bekerja, maka memilih loteng sebagai tempat kerja merupakan pilihan yang tepat. Loteng merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang tidak terjamah oleh kebisingan sehingga kamu dapat bekerja dengan tenang. Kamu hanya perlu sedikit menghias loteng, misalnya menggunakan wallpaper korea untuk menciptakan suasana tentram lalu menyusun semua keperluan kerja seperti meja kerja, buku, rak dan beberapa bantalan untuk beristirahat. Semua yang kamu perlukan dapat kamu temukan dengan mudah di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau, misalnya harga wallpaper dinding di pasaran saat ini dipatok dengan harga murah disertai variasi yang semakin beragam akan membuat kamu puas.

3. Menanam tanaman

Masalah penyempitan lahan dewasa ini menjadi masalah yang akrab menyapa telinga masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan. Apa jadinya jika kamu memiliki hobi bercocok tanam sedangkan kamu tinggal di perkotaan dengan lahan sempit yang tidak memungkinkan sama sekali untuk bertanam? Ya solusinya adalah memanfaatkan loteng rumah untuk dijadikannya ladang bertanam. Loteng menjadi tempat yang tepat karena banyak cahaya matahari yang dapat membantu pertumbuhan tanaman.

4. Ruang tidur atau bersantai

Karena loteng jauh dari kebisingan, maka tepat sekali jika menjadikan loteng sebagai ruangan untuk tidur dan bersantai melepas penat setelah seharian bekerja. Selain itu karena posisinya yang tinggi, kamu dapat dengan leluasa menikmati langit atau pemandangan perkotaan dengan leluasa melalui jendela. Hal itu akan sangat membantu merelaksasi tubuhmu.

5. Ruang makan

Unik bukan jika kamu menikmati makan malam bersama keluarga di loteng? Maka tidak ada salahnya jika kamu mengubah loteng menjadi ruang makan yang sifatnya unik dan tentu saja akan membantu merekatkan hubungan keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *