Yuk Ubah Dekorasi Rumah Menjadi lebih Fungsional dengan Cara Ini!!

Dekorasi Rumah

Di zaman modern sekarang ini terdapat banyak desain interior yang cukup menarik untuk digunakan. Mulai dari konsep minimalis, hingga konsep etnic semua punya porsi dan penggemarnya sendiri. Setiap desain yang dipilih diharapkan mampu membuat hunian tampil menarik dan nyaman untuk ditempati, terlepas dari semua itu ada beberapa hal yang sangat jarang diterapkan oleh kebanyakan orang, di mana banyak yang tidak bisa memanfaatkan setiap aspek interior menjadi sesuatu yang lebih berguna atau lebih tepatnya disebut dengan fungsional.

Lalu seperti apa sih rumah yang fungsional itu?? let’s talk about it!!

Rumah yang fungsional berarti suatu hunian yang mana penataan atau dekorasinya bisa menghasilkan suatu hal yang lebih berguna. Artinya segala aspek yang ada bisa dimaksimalkan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat tanpa terkesan memaksa. Khusus untuk rumah minimalis yang memiliki ruang sempit aspek fungsional harus diterapkan guna menjadikan ruangan terasa lebih luas. Namun, untuk menciptakan hunian yang fungsional tidak semudah yang dibayangkan. Hal itulah yang juga sering dikeluhkan banyak orang tentang bagaimana mengubah dekorasi rumah agar menjadi lebih fungsuional. Tak perlu menunggu lama lagi, yuk pelajari cara-caranya berikut ini.

Cara Mendekorasi Rumah Agar Menjadi Lebih Fungsional

Berbeda dengan tips-tips untuk menjadikan rumah menjadi lebih nyaman dan attractive, setiap orang hanya perlu menghadirkan material-material pendukung seperti plafon gypsum atau wallpaper dinding, namun untuk mengubah rumah menjadi lebih fungsional banyak hal yang harus diperhatikan lebih dari sekedar material. Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan agar hasilnya menjadi lebih maksimal. Yuk ikuti cara-caranya dibawah ini..

1. Gunakan Furnitur Multifungsi

It’s so simple!! Membuat ruangan lebih fungsional Anda hanya perlu menggunakan furnitur multifungsi. Dengan menggunakan furnitur multifungsi maka Anda pun tidak perlu repot menghadirkan banyak perlengkapan yang akan membuat ruangan menjadi lebih sempit. Misalnya Anda bisa menggunakan sofa multifungsi yang fungsinya bisa diubah sesuai keperluan, jenis kursi ini sesekali akan menjadikan ruangan lebih santai di mana kursi dapat diubah menjadi sofa. Atau bisa juga menghadirkan meja dengan banyak laci dibawahnya, laci tersebut dapat digunakan untuk menyimpan berbagai perlengkapan tanpa harus repot menghadirkan furnitur baru yang akan memakan banyak tempat.

2. Hadirkan Pembatas Ruangan untuk Menggabungkan Ruangan Berbeda

Pembatas Ruangan

Menjadikan rumah menjadi lebih fungsional, Anda harus menghadirkan pembatas atau sekat ruangan. Biasanya di area belakang rumah ruang dapur dan ruang makan selalu terpisah di ruang berbeda. Maka Anda harus menggabungkan ruangan tersebut dengan menyiasatinya menggunakan pembatas ruangan. Adapun pembatas ruangan, Anda bisa menggunakan tirai, ataupun papan GRC. Untuk menghadirkan GRC sebagai sekat ruangan Anda sebaiknya berkonsulitasi dengan jasa khusus pasang partisi GRC yang sudah profesional. Biasanya mereka akan memahami dan menyesuaikan konsep yang sesuai dengan ruangannya.

3. Memanfaatkan Celah Kosong dan Simpan Setiap Perlengkapan Tepat Pada Posisinya

Jika cara sebelumnya mengharuskan Anda pasang partisi GRC sebagai pembatas ruangan, cara yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan. So easy dan simpel, Anda hanya perlu memanfaatkan setiap celah kosong didalam ruangan menjadi lebih bermanfaat. Misalnya area kosong dibawah tangga bisa Anda gunakan untuk menyimpan rak yang berisi buku ataupun meja telepon.

Selain memanfaatkan celah kosong Anda juga harus merapikan setiap perlengkapan yang ada di dalam satu tempat. Artinya Anda harus menyimpan setiap barang-barang atau perabot tepat pada tempatnya. Misalnya dalam area dapur, maka perlengkapan yang harus ada disana yaitu khusus perlengkapan masak saja dan hal lain yang berhubungan. Jangan sampai meletakan rak perlengkapan masak di area lain, yang mana bisa membuat ruangan kurang terlihat fungsional.

Selain penghematan ruang anda juga bisa menggunakan plafon gypsum untuk membuat rumah lebih sejuk. Karena sifat gypsum yang menolak panas, dengan begitu kita menghemat biaya untuk ac atau kipas angin, bisa juga penghematan ruang untuk meletakkan AC dan Kipas Angin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *